Mengenal Jenis Burung Kacer Yang Ada Di Indonesia

Mengenal Jenis Burung Kacer Yang Ada Di Indonesia – Binatang yang dikenali sebagai burung kucica kampung menjadi satu diantara bintang peliharaan di kelompok pehobi. Hewan unggas ini rupanya mempunyai nama ilmiah yakni Copsychus saularis atau Oriental Magpie-robin. Komunitas burung kacer  bisa dijumpai di mayoritas daerah Asia seperti Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Dilansir dari bangparid.com, beberapa ciri fisik burung kacer mempunyai warna bulu-bulu yang dominan hitam dengan garis putih di bagian sayapnya. Tipe burung ini mempunyai ukuran badan dengan panjang sekitaran 19 sampai 21 cm. Dan, berat badannya sekitar 29 sampai 51.3 gr.

Suara kacer termasuk merdu dengan suara kicauan yang merendah dan meninggi, pas untuk hewan piaraan di dalam rumah. Mereka mempunyai kekuatan untuk menirukan kicauan dari burung lain yang didengarkannya, tentu kamu tidak yakin. Karena itu, tidak heran jika tipe burung yang berkicau ini lebih banyak dipiara oleh warga. Disamping itu, burung kacer menjadi satu diantara hewan kontes untuk diadu keindahan suaranya.

 

Berikut Jenis Burung Kacer

1. Kacer Poci

Jenis burung kacer yang pertama adalah burung kacer poci. Burung kacer jenis ini mampu berkicau dalam kurun waktu yang lumayan lama. Burung putih hitam ini seringkali diikutkan dalam kontes. Ada 3 tipe burung kacer ini, yakni poci jadi, poci bakalan, dan trotol.

2. Kacer Jawa

Burung ini terhitung tipe kacer yang populer di kelompok fans Jawa Timur dan Jawa Barat, karena mempunyai suara termasuk jernih, keras, dan merdu. Selain itu burung kacer jenis ini untuk pas untuk dijadikan burung hias di dalam rumah lo.

3. Kacer Sumatra

Tipe hewan ini dikenali mempunyai watak kuat dan mampu menyesuaikan diri, dan pintar berkicau. Jika ingin memiara Kacer Sumatera, perawatannya harus optimal agar kwalitasnya tidak turun.

4. Kacer Kalimantan

Ada banyak tipe burung kacer kalimantan yang telah terdiri jadi beberapa ras dan spesies dimulai dari ras Pluto, Copsychus Solaris Musicus, dan Adamsi. Ras pertama mempunyai warna menguasai putih dan hitam di bagian perut, dada sampai bokong.

Dan ras yang ke-2 , mempunyai beberapa ciri dan bulu-bulu yang warna hitam pekat dan sedikit warna putih.Daerah penebaran tipe burung yang ini mencakup daerah kalimantan timur, barat dan utara.

Meskipun burung ini merupakan jenis burung kacer dari kalimantan, tetapi pada hakekatnya penebaran burung ini bukan hanya mencakup daerah kalimantan saja. Namun tipe burung ini bisa juga kita jumpai di beberapa pulau yang berada di segala penjuru indonesa seperti nias, bali dan bangka belitung.

5. Kacer Blorok

Burung kacer blorok terhitung di dalam tipe burung kacer yang bermotif warna lain dengan burung kacer pada umumnya. Yaitu warna bloroknya sebagai ciri-ciri unik dan keunikannya. Beberapa penangkar memiliki pendapat, bahwasanya burung kacer blorok  merupakan hasil dari persilangan di antara kacer putih hitam dan kacer jawa.

 

Penutup

Itulah beberapa jenis burung kacer yang terkenal di Indonesia. Jika anda ingin mengetahui seperti apa rawatan seputar burung kacer, anda bisa mengunjungi www.bangparid.com untuk tips dan caranya. Terima kasih sudah mengunjungi artikel ini, semoga menambah wawasan anda dan bermanfaat.